Monday, March 26, 2012

Bando Elastis Dari Sweater Bekas


Memanfaatkan barang bekas sebagai solusi dari permasalahan limbah sampah, nampaknya akhir-akhir ini mulai disadari oleh masyarakat kita. Banyak sampah yang kemudian didaur ulang menjadi barang layak pakai, salah satunya adalah pakaian bekas. Apa yang dapat Anda lakukan pada pakaian bekas anda di rumah? Berikut adalah contoh dan cara pemanfaatan baju hangat/sweater bekas Anda menjadi headband atau bando yang cantik.



Bahan yang Anda butuhkan adalah:
  • Baju hangat/sweater bekas, bisa juga kain elastis lainnya.
  • Gunting.
  • Jarum untuk menjahit.
  • Benang rajut.
  • Kain dengan warna kontras untuk hiasan, seperti motif bunga, dll.
Langkah pertama, potong kain sweater dengan lebar sekitar 2 inchi dan panjang sesuai dengan lingkar kepala Anda. Tips: Pastikan tidak terlalu panjang/longgar agar nyaman ketika dipakai.


Langkah kedua, Lipat dan pertemukan kedua ujung kain, kemudian jahit sambungan kain tersebut menggunakan tusuk rol.


Langkah ketiga, jahit tepi kain secara keliling, agar serat kain tidak terurai. Gunakan tusuk feston untuk pinggiran. Jika Anda menggunakan kain jersey Anda tidak perlu melakukan itu.


Langkah keempat, serut bagian tengah atas headband dengan cara mengikatnya menggunakan benang.


Langkah kelima, bungkus bagian tengah yang diserut dengan kain bermotif bunga atau kain warna kontras. Kemudian jahit untuk merapikan.


Selesai! Kini Anda dapat memanfaatkan pakaian bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat, bando elastis yang cantik dan unik.


Sumber: asuyeta

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...