Thursday, April 12, 2012

10 Fakta Tentang Rambut



1. Rambut ternyata moody.
Rambut memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Sifat rambut dipengaruhi mood orang tersebut dan cuaca pada saat itu. Ketika kita memiliki mood bagus, rambut cenderung mudah diatur. Begitu juga sebaliknya.

2. Asap rokok dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala gatal-gatal.
Kandungan residu kimia dari asap rokok, yang menumpuk menjadi satu dengan keringat dan sebum pada kulit kepala merupakan polutan yang dapat merangsang timbulnya rasa gatal. 

3. Mem-blow rambut menggunakan hairdryer yang sangat panas menyebabkan kulit kepala kering dan rambut rapuh. 
Penggunaan hairdryer dengan temperatur terlalu tinggi dan tarikan blow yang terlalu kuat menyebabkan tekstur rambut menjadi kering dan rapuh. Hindari menggunakan hairdryer setiap hari. Mengeringkan rambut dengan handuk kering dan diangin-anginkan lebih baik untuk kesehatan rambut. 

4. Mengikat dan menjepit rambut setiap hari dapat menyebabkan kebotakan dan migrain.
Mengikat dan menjepit rambut secara berlebihan dapat menimbulkan regangan  pada rambut dan kulit kepala. Sehingga, helai-helai rambut akan lebih mudah rapuh. Ikatan rambut yang terlalu kencang dan dalam kurun waktu lama memungkinkan timbulnya rasa sakit pada kepala. Bila berlanjut, rasa sakit ini bisa menjadi migrain. 

5. Kandungan kaporit di dalam kolam renang dapat membuat kulit kepala rusak dan warna rambut memudar
Kandungan kaporit bersifat mengikis kelembapan alami kulit kepala. Sehingga, kulit kepala akan lebih cepat kering dan rambut terlihat lebih kusam tak bercahaya. Bila rutin melakukan olahraga renang, sebaiknya gunakan sampo yang melembapkan dan pastikan asupan nutrisi pada makanan Anda cukup. Perbanyak mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, buah-buahan yang kaya antioksidan, dan vitamin B.

6. Air perasan jeruk lemon dapat membuat rambut mengilap dan kulit kepala bersih bercahaya.
Zat asam di dalam air perasan jeruk lemon bisa  membuat rambut terlihat mengilap. Namun  hati-hati, bila kulit kepala sensitif. Sebab,  pH pada air jeruk lemon sangat rendah dibandingkan pH alami kulit kepala. Kulit kepala yang sensitif dapat dengan mudah teriritasi. 

7. Kebotakan pada kulit kepala bersifat keturunan.
Penyebab utama kebotakan pada pria dan wanita memang dari faktor genetis. Jika di dalam keluarga  ayah atau ibu ada yang memiliki riwayat kebotakan, maka Anda berpotensi mewarisi gen tersebut.

8. Wanita karier dekat dengan kebotakan.
Menurut seorang dermatologis Dr Wong-Su-Ni, wanita dengan posisi pekerjaan tinggi cenderung mudah stres dan memicu timbulnya kerontokan. "Wanita dengan gaya hidup ambisius dan agresif banyak dikendalikan oleh hormon testoteron sehingga memiliki kecenderungan untuk mewarisi karakteristik kerontokan rambut," katanya.

9. Ternyata rambut tidak bisa hidup sendiri.
Rambut tidak lagi menerima bantuan lebih dari jaringan yang menciptakannya. Untuk bertahan hidup, rambut membutuhkan bantuan dari bahan-bahan alami atau kimia yang diaplikasikan lewat shampo.

10. Perceraian membuat rambut rontok.
Fakta yang mengatakan stres menyebabkan kerontokan rambut adalah benar. Rambut kita akan rontok 50-80 helai per hari saat stres.Namun jumlahnya meningkat saat seorang harus menghadapi pemutusan hubungan kerja, operasi, kehilangan, dan yang terparah adalah perceraian.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...