Sunday, April 29, 2012

Tips Rambut Sehat Saat Mengendarai Motor


Bepergian dengan menggunakan sepeda motor, kini banyak juga dilakukan wanita. Kendaraan ini memang solusi untuk keluar dari kemacetan. Namun debu dan polusi di jalan merupakan musuh utama bagi Anda yang menggunakan motor untuk bepergian ke kantor atau aktivitas lainnya. Saat sampai di tujuan, walau tidak terlihat secara langsung, badan dan rambut Anda sudah kotor terkena debu di jalan. 

Dalam jangka panjang, kerusakan rambutpun akan menghampiri Anda. Dibutuhkan perawatan ekstra bagi Anda yang menggunakan motor sebagai alat transportasi. Beberapa langkah di bawah ini akan membantu Anda meminimalisasi kerusakan rambut akibat debu, polusi, dan penggunaan helm.


Sehatkan rambut Anda dahulu
Walau menggunakan helm baik untuk melindungi rambut Anda dari menempelnya debu dan polusi secara langsung, menyehatkan rambut adalah langkah pertama. Pastikan kelembapannya cukup dengan memberikan pelembap seminggu sekali dan rajin dibilas dengan shampo yang cocok untuk rambut Anda.

Pilih helm yang tepat
Bikes 4 Sale menyarankan Anda untuk memilih helm yang tepat adalah yang pas dengan ukuran kepala Anda. Tidak terlalu pas, juga tidak terlalu longgar. Beberapa jenis helm sudah tersedia “jendela udara” di bagian depan atau belakangnya. Selain itu, bahan bagian dalam helm juga mempengaruhi kesehatan rambut. Bahan sutra lebih ramah terhadap kesehatan rambut, mengurangi gesekan di kulit kepala, dan nyaman terasa.

Beri perlindungan langsung di rambut
Saat ingin bepergian, dilansir dari Her Motorcycle, pakai produk hairspray yang mengandung pelindung UV atau tabir surya dalam dosis yang sedikit. Karena mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut, pastikan cuci rambut Anda kembali setelah menggunakan hairpray atau sun block. Agar lebih aman, gunakan serum rambut yang menggunakan SPF.


Gelungkan rambut Anda
Ikat rambut Anda dengan model ponytail ekor kuda atau gelung sederhana lebih baik daripada membiarkannya terbuka. Kalau memungkinkan, selipkan gelungan rambut di balik jaket Anda pada bagian belakang agar tidak terkena debu secara langsung.

Gunakan bandana, scarf, atau penutup rambut
Selain menggelung, gunakan pula bandana atau scarf di kepala untuk memastikan rambut Anda tidak tergesek dan tetap nyaman. Penggunaan hair band ideal digunakan pada perjalanan yang memakan waktu.

Cuci helm
Mencuci helm secara berkala akan membuat rambut dan kulit kepala Anda tetap bersih. Sekarang ini sudah banyak terdapat pencucian helm yang dapat Anda datangi.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...