Monday, April 30, 2012

Karya Seni Detail Daun Dengan Media Rambut


Seni itu tidak ada batasan maupun ukurannya. Perkataan pujangga Rusia, Leo Tolstoy itu sangat benar. Seni memang tidak terbatas dan bermakna luas, termasuk karya seni itu sendiri serta bagaimana kita menilai dan memaknai sebuah karya seni. Seni instalasi daun karya Jenine Shereos termasuk salah satunya. Helaian daun yang dibuat dari rajutan rambut manusia tersebut termasuk karya seni yang unik. Media rambut yang dipilih dan proses merajut serta menjahit hingga menjadi helaian daun karya pematung Jenine Shereos tersebut kemudian membuat decak kagum. 

Jenine Shereos via website-nya mengatakan:
Dalam karya ini, detail dari urat daun yang tampak dibuat dengan membungkus, menjahit dan merajut helaian rambut manusia. Terinspirasi oleh gurat halus dan detail dari daun, saya mulai merangkai rambut dengan tangan yang dirangkai di dalam air yang juga berisi bahan khusus. Saya merangkainya satu persatu bagian yang kemudian dibuat simpul. Ketika daun selesai dirangkai dan diangkat dari larutan tersebut, maka rangkain daun akan terbentuk solid. Keseluruhan pembuatan karya ini merupakan proses yang sangat membutuhkan ketekunan dan meditatif bagi saya, karena saya mulai hanyut dalam proses ketika rangkaian rambut tersebut mulai terbentuk menjadi daun.

Anda dapat melihat lebih banyak karya seni patung dan instalasinya di portofolio nya. Sedangkan foto-foto karya adalah milik Robert Diamante
 

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...