Monday, February 27, 2012

Bando Gaya 50 an Untuk Tampilan Rambut Retro

Masih terinspirasi dengan gaya klasik tahun 1950-an. Kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat bando klasik dengan hiasan pita  dari kain, lengkap dengan ukuran pola-polanya. Tertarik mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Bahan yang dibutuhkan:
  • 50cm kain katun bermotif.
  • Bando plastik polos, lebar 1/4 inchi.
  • Gunting kain, pensil, penggaris.
  • Loop tuner untuk membalik kain, bisa diganti jarum jahit.
  • Kertas untuk pola.
  • Benang senada warna kain, jarum jahit, jarum pentul.
 Langkah-langkah pembuatan:

Langkah 1. Buat tiga potongan pola diatas kertas. Pola bando ukuran 1 3/8"x 14", Pola pita ukuran 5"x 15 1/2",  dan Pola simpul pita ukuran 3 1/2"x 3".

Langkah 2. Letakkan potongan pola pada kain, tandai garis pola nya dengan pensil. Lalu gunting masing-masing pola.

Langkah 3. Lipat dua kain untuk pola bando, kemudian jahit dengan sisa jarak 1/4" dari tepi panjang. Kemudian tarik sisi ujung kain dengan loop tuner atau jarum untuk membaliknya ke sisi kain yang bagus.

Langkah 4. Masukkan bando ke dalam lubang kain kemudian tarik hingga seluruh bando tertutup kain. Jahit atau tisik ujungnya untuk mematikan ujung kain dan agar terlihat rapi.



Langkah 5. Kemudian jahit pola pita yang sudah dijarum pentul sisi-sisinya, jahit dengan sisa jarak 1/2" dari tepi. Sisakan 2" pada bagian tengah untuk memberi rongga bukaan pada kain.

Langkah 6. Tekan jahitan yang terbuka, dengan letak jahitan dibagian tengah (seperti pada gambar). Kemudian setrika kain hingga rapi.

Langkah 7. Beri titik 1/2" dari tepi bawah paling ujung, ukur ke atas 3/4" dan tandai lagi dengan titik ditengahnya. Kemudian buat garis diagonal dari ujung ke titik tengah membentuk segi tiga. (Seperti pada gambar). Ulangi hal yang sama pada ujung satunya.

Langkah 8. Jahit garis diagonal tadi, matikan ujung2nya agar rapi. Lakukan pada kedua sisi, namun beri sisa di salah satu sisi untuk membalik kain. Kemudian balik kain ke sisi yang bagus. Jahit sisanya dengan jahitan tangan.

Langkah 9. Sekarang jahit pola simpul pita dengan jarak 1/2" dari sisi tepi. Kemudian balik kain kesisi yang bagus. Rapikan dengan setrika.

Langkah 10. Ambil pola pita yang sudah dijahit, tandai tengahnya dengan jarum pentul. Lipat kain seperti pada gambar untuk membentuk pitanya. Lipat di kedua sisi dengan ujung busur atau lancip berada di paling luar. Beri jarum pentul seluruh lipatan agar tidak bergeser.


Langkah 11. Jahit bagian tengah lipatan yang bertemu dengan stich seperti pada gambar.

Langkah 12. Sematkan pola simpul pita pada bagian tengah dari pola pita, lalu jahit bagian bawahnya. Kemudian jahit melingkar seluruh pola simpul yg sudah menempel pada pita dengan rapi. Sekarang pita Anda sudah jadi.

Langkah 13. Kemudian tempelkan pita tadi ke bagian tengah dari bando. Jahit keseluruhan bagian bawah pita ke bagian atas tengah bando hingga menempel erat. Anda juga bisa menjahit bagian ujung busur pita pada bando untuk memberikan kesan rapi atau membiarkannya begitu saja.

Nah sekarang pita retro gaya 1950-an Anda sudah jadi! Untuk kesan mewah Anda bisa menggunakan kain brokat, beludru atau sutra mengkilap. Anda bahkan bisa menambahkan payet atau manik-manik agar lebih glamor dan cantik.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...