Wednesday, February 1, 2012

Rambut Bercabang Dan Solusinya

Setiap perempuan pasti mendambakan rambut panjang hitam berkilau, namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Kebanyakan perempuan yang berambut panjang mengeluh, salah satu masalahnya yaitu rambut pecah-pecah atau bercabang. Masalah tersebut pun akhirnya memaksa si pemilik rambut untuk memangkasnya, meski kadang merasa ‘menyesal’ namun sepertinya tidak ada pilihan lain selain potong rambut.


Sebelum memotong rambut, ada baiknya Anda menganalisa penyebab bercabangnya rambut, agar suatu saat kerusakan tidak terulang lagi. Penyebab rambut bercabang biasanya adalah penggunaan pewarna rambut yang berlebihan tanpa disertai perawatan rutin, penggunaan hairdryer terlalu panas dan sering, terlalu kasar saat menyisir rambut, serta pemilihan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena rambut bercabang masih bisa diperbaiki dengan perawatan rutin. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:
  • Gunakan kondisioner dan shampo sesuai jenis rambut.
  • Usai keramas, jangan langsung dikeringkan dengan hairdryer. Baiknya diangin-anginkan saja agar rambut kering secara alami.
  • Lakukan perawatan dengan minyak kelapa (virgin oil) dua hari sekali sebelum tidur. Pijat merata keseluruh bagian rambut sampai akar kepala.
  • Jika Anda menemukan cabang pada ujung rambut, gunting sedikit pada bagian ujung atau istilah umumnya trim. Gunting sekitar 2cm hingga 3cm dari ujung rambut, hal ini berguna untuk menghilangkan ujung rambut yang kering, rapuh dan bercabang.
  • Gunakan kondisioner setelah keramas untuk membuat rambut Anda tetap lembut dan tidak kering.
  • Jangan terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari, karena akan membuat rambut menjadi kering dan menimbulkan kerusakan rambut.
  • Konsumsi sayur dan buah untuk membantu menutrisi rambut.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...