Tuesday, January 24, 2012

Karya Seni Kalung Dari Rambut


Kerry Howley, 23 tahun seorang mahasiswa seni di London Middlesex University, telah menciptakan koleksi kalung interlaced yang terbuat dari rambut manusia.  Ia terinspirasi dari sisa rambut yang selama ini dibuang usai dipotong. Maka Kerry pun berusaha mengeksplorasi sisa rambut hasil dipotong yang selama ini dibuang menjadi sesuatu yang menarik dan indah dipandang.





Awalnya sumber utama kalung tersebut ia dapatkan dari teman ibunya, seorang wanita Jepang yang memiliki rambut sangat panjang karena ia hanya memotong rambutnya lima kali dalam setahun.
“Teman ibu saya dengan sukarela memberikan 30 centimeter rambutnya yang dipotong untuk saya,” ujar Kerry. Ia mulai mengkoleksi kalung tersebut sejak tahun kedua ia kuliah. Untuk membuat 1 buah kalung, Kerry membutuhkan waktu 60 jam.





Dengan menggunakan pola dan simetri yang menyenangkan secara naluriah, Kerry telah menciptakan keseimbangan antara perasaan pemakai dan yang melihatnya yang dia sebut perasaan kebencian dan daya tarik. Terinspirasi oleh pola damas wallpaper, karya seninya yang bertajuk Attraction/Aversion (Objek/Keengganan), telah mendapat pujian di dunia seni hingga memenangkan  Arthur Silver Award tahun 2011 dari Museum of Domestic Design and Architecture.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...