Tuesday, January 24, 2012

Rambut Tetap Sehat Dengan Berjilbab


Memakai jilbab bagi wanita muslimah, tidak berarti lantas membiarkan rambut tidak terurus. Alangkah cantiknya jika rambut yang tertutup jilbab tetap terjaga keindahan dan kesehatannya.
Rambut yang sepanjang hari tertutup oleh jilbab tentu menghadirkan berbagai problem tersendiri, seperti rambut yang sering rontok, atau munculnya ketombe dan gatal-gatal. Tentunya bagi wanita yang menggunakan jilbab, diharapkan untuk rajin merawat rambutnya agar selalu tetap sehat.



Berikut adalah tips merawat rambut bagi wanita berjilbab:

Keramas secara teratur.
Dianjurkan untuk keramas 1-3 kali/minggu. Karena rambut yang tertutup sepanjang hari berpotensi mengeluarkan minyak lebih cepat.

Gunakan sisir yang bergigi jarang.
Menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang dimaksudkan untuk mengurangi kerontokan terutama saat rambut masih basah.

Ganti belahan rambut anda.
Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi karena kerontokan bisa berawal digaris belahan rambut. Sebaiknya ganti belahan rambut anda minimal sebulan sekali.

Hindari mengikat rambut dengan kencang 
Mengikat rambut dengan kencang apalagi menggunakan karet gelang dapat menyebabkan rambut tertarik dan mudah rontok. Gunakan ikat rambut berlapis kain setiap kali mengikat rambut.

Gunakan kerudung berbahan katun/kaos.
Pilihlah bahan kerudung yang mudah menyerap keringat, tidak membuat gerah sehingga sirkulasi udara di kepala berjalan lancar.



Rambut pendek lebih simpel.
Jika berkerudung sebaiknya jangan memanjangkan rambut lebih dari 60 cm, karena rambut akan lebih lama kering saat basah sehingga ada kemungkinan ketika beraktivitas dengan rambut basah yang masih terikat seperti yang kita ketahui rambut lebih rentan akan rontok saat basah.

Gunakan kerudung yang simpel
Sebaiknya jangan menggunakan kerudung lebih dari 4 lapis karena rambut akan sulit bernafas.

Beri celah untuk sirkulasi udara.
Caranya adalah dengan menghindari mengikat kerudung dibagian leher, karena hal ini akan menutup masuknya udara ke rambut.

Berikan waktu untuk rambut bernafas bebas.
Setelah seharian beraktifas, maka ketika anda tiba di rumah segera buka jilbab dan angin-anginkan rambut, rapikan dengan sisir dan biarkan rambut bebas tanpa diikat.

Manjakan rambut.
Luangkan waktu untuk merawat rambut agarlebih sehat. Anda bisa melakukan creambath atau spa rambut sesekali.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...